BAB I
BISNIS
Pengertian
Bisnis
Ialah hukum yang menghasilkan barang atau jasa
yang diperlukan pelanggan.
Bisnis
terdiri dari 2 macam yaitu:
1. Bisnis kecil
2. Bisnis menengah
Tujuan
Bisnis
- Mendapatkan imbalan bagi pemilik perusahaan yang telah mengambil resiko yang mungkin terjadi dalam kepemilikan suatu usaha
- Untuk pertumbuhan usaha itu sendiri
- Menarik investasi agar mendorong ekonomi menciptakan lapangan kerja, mensejahterakan ekonomi masyarakat/rakyat
- Menciptakan laba sebagai alternative atau isentif untuk bekerja lebih efisien
- laba yang dicapai merupakan ukuran standar perbandingan dengan usaha usaha Lainnya
- Laba penghasilan bagi pemerintah karena makin meningkatnya laba dalam bisnis maka meningkat pula penghasilan pemerintah melalui sistem pajak
Sumber
Daya dalam Bisnis
1. Sumber daya manusia.
2. Sumber daya modal
3. Sumber daya alam,fisik
4. Sumber daya wira usaha
5. Sumber daya informasi.
Sistem
Bisnis dan Sistem Ekonomi
- Sistem ekonomi kapitalis merupakan suatu falsafah ekonomi dan bukannya bentuk suatu pemerintahan.
- Sistem ekonomi komunis merupakan sistem perekonomian dan suatu bentuk pemerintahan.
- Sistem ekonomi sosialis dapat dikatakan sebagai suatu sistem perekonomian dan
juga merupakan pemerintahan.
- Sistem ekonomi pasis merupakan suatu sistem perekonomian dan bentuk pemerintahan (biasanya dictator).
5. Sistem ekonomi campuran/pancasila
Pengertian
Lingkungan Perusahaan ialah
keseluruhah dari faktor factor ekstren yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi
maupun kegiatannya.
Faktor Faktor
Yang Mempengaruhi Perusahaan
Lingkungan perusahaan
Fisik
Sosial
Perekonomian
Politik
Etika hokum
Lingkungan Umum
a. Politik
b. Hukum
c. Sosia Budaya
d. Perekonomian
e. Pemerintah
f. Alami
g. Teknologi
h. Demograf
Lingkungan Khusus
a. Pemasok
b. Pelanggan
c. erantara
d. Pesaing
e. Penyedia Modal
f. Tenaga Kerja
Tanggung
Jawab Perusahaan
Bertanggung jawab terhadap pelanggan
Bertanggung jawab terhadap tenaga kerja
Bertanggung jawab terhadap lingkungan
Bertanggung jawab terhadap industri
Etika
Bisnis
1. Mengantisipasi kasus suap dan penyogokan
2. Menghindari tindakan pemaksaan
3. Menghindari adanya penyembunyian informasi dalam
bisnis
4. Mengantisipasi terjadinya pencurian
5. Menghindari adanya diskriminasi
Faktor
Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Bisnis Yang Etis
1. Mengetahui lingkungan bisnis
2. Mengetahui peranan organisasi
3. Mengetahui filosofi moral individu
Usaha
Kecil dan Kewirausahawan
Usaha
kecil ialah salah satu penopang
aktivitas bisnis dalam suatu negara dan tidak dapat dipungkiri untuk mendukung
kelancaran operasi perusahaan perusahaan besar karena dapat bertindak sebagai
pemasok maupun konsumen
Ciri ciri usaha kecil
1. Dikelola oleh pemiliknya
2. Struktur organisasi sederhana
3. Pemilik mudah mengenal pegawainya
4. Persentase kegagalan perusahaan tinggi
5. Kekurangan kekurangan manager ahli
6. Modal jangka panjang sulit diperoleh
7. Jumlah karyawan lebih sedikit
Keunggulan
Usaha Kecil
1. Tidak birokratis dan mandiri
2. Fleksibelitas/dapat beradaptasi
3. Dinamis
4. Pemilik ulet dan bekerja keras
5. Efisien dalam pengeluaran biaya tertentu
6. Kebebasan bertindak dan membuat keputusan
7. Keakraban dalam hubungan erat antar karyawan
Kelemahan
Usaha Kecil
1. Kurang berorientasi pada masa depan
2. Jarang mengadakan inovasi/perubahan
3. Jarang mengadakan kaderisasi/pengajaran
4. Cepat merasakan puas diri akan apa yang telah
didapat
5. Kurang tanggap perkembangan teknologi
6. Kurangnya peraturan atau hokum
7. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman
8. Struktur modal yang tidak memadai
KERJA
SAMA, PENGGABUNGAN DAN EKSPANSI
Join
Venture merupakan bentuk kerja
sama antara perusahaan perusahaan yang barasal dari beberapa negara menjadi
satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan kekuatan ekonomi yang lebih
padat/besar.
1. Ciri
Ciri Join Venture
1.Merupakan perusahaan baru yang secara bersama sama
didirikan oleh beberapa perusahaan lain.
2.Modalnya berupa saham yang disediakan oleh
perusahaan perusahaan pendiri dengan perbandingan tertentu.
3.Kekuasaan dan hak suara dalam join venture
didasarkan pada banyaknya saham yang ditanam oleh masing masing perusahaan
pendiri.
4.Perusahaan perusahaan pendiri join venture tetap
memiliki eksistensi dan kebebasan masing masing.
5.Risiko ditanggung bersama sama antara masing
masing partner melalui perusahaan perusahaan yang berlainan.
2. Proses
Terjadinya Join Venture
Pabrik Pabrik Merek Barang Luar Negeri
a. Agen
tunggal
b. Distributor
c. lain
lain
3. Pimpinan
Eksekutif
a. Satu
pimpinan eksekutif
b. Pimpinan
menurut giliran
c. Pimpinan
bersama
d. Pimpinan
eksekutif fungsional
Trust adalah suatu bentuk organisasi perusahaan yang
didirikan untuk menghindari kerugian masing masing anggota dan memperbesar
keuntungan perusahaan.
Holding
Company ialah sebuah perusahaan
yang kondisi keuangannya kuat dapat memiliki perusahaan lain dengan cara
membeli saham sahamnya.
Sindikat
merupakan kerja sama antara beberapa
orang untuk melaksanakan proyek khusus di bawah suatu perjanjian.
Kartel merupakan persetujuan antara beberapa perusahaan
sejenis dibawah suatu perjanjian tertentu.
Macam
Macam Perjanjian Kartel
1.Kartel daerah
2.Kartel produksi
3.Kartel kondisi
4.Kartel pembagian laba
5.kartel harga
PRODUKSI
DAN PRODUKTIVITAS
Pengertian
Produksi ialah segala kegiatan
dalam menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang.
Fungsi
Produksi merupakan
kegiatan/aktivitas menciptatan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan
masyarakat pada waktu,harga,jumlah yang tepat.
Proses
Produksi
1. Proses ekstraktif adalah suatu proses produksi
yang mengambil bahan bahan langsung dari alam.
2.Proses analitik adalah suatu proses pemisahan dari
suatu bahan dari beberapa macam barang yang hampir menyerupai bentuk/jenis
aslinya
3.Proses fabrikasi adalah suatu proses yang mengubah
suatu bahan menjadi beberapa bentuk.
4.Proses sintetik yaitu dimana pengkombinasian
beberapa barang dalam suatu produk,dimana bentuk akhir, berbedas dengan aslinya.
5. Proses perakitan yaitu menggabungkan komponen
komponen menjadi produk akhir dimana produk akhir tersebut saling berhubungan.
6. Proses penciptaan jasa
Jangka
Waktu Produksi
a. Proses
terus menerus
b. Proses
terputus putus
Sifat
Produk
a. Produksi
standard
b. Produksi
pesanan
Manajemen
Produksi yaitu kegiatan untuk
mengatur/mengelola agar dapat menciptakan dan menambah nilai guna atau manfaat
barangsuatu jasa.
Produktivitas
merupakan sebuah konsep yang
menggambarkan antara hubungan dengan hasil sumber/dengan perbandingan antara
input dan output.
Karakteristik
Dari Produksi Modern
a. Mikanisasi
b. Produksi
masa
c. Standarisasi
d. Otomatisasi
e. Penelitian
dan pengembangan
Penentuan
Luas Produksi yaitu kumpulan
perusahaan menghasilkan barang dimana luas produksi harus dibatasi antara lain
pemborosan yang mengakibatkan biaya tinggi.
Penentuan
Pola Produksi yaitu harus diikuti
penetapan periode yang bersangkutan dimana pola produksi akan berubah ubah.
Lokasi
Produksi
a. Dipertimbangkan
berdekatan dengan pasar
b.
Kedekatan dengan sumber pemasok
c.
Kesediaan tenaga kerja dan supply
d. Sarana
angkutan dan transpormasi
e. Sumber
tenaga air dan listrik
f. Kesediaan modal untuk investasi
g.
Iklim,masyarakat,hukum,persaingan,peraturan.dan lain lain..
Penetapan
Tata Letak Fasilitas Produksi
yaitu untuk mendapatkan kombinasi yang optimal antara fasilitas fasilitas
produksi.
Jenis
Jenis PengendalianProduksi
a. Order
control digunakan oleh perusahaan manufaktur yang beroperasi hanya pada waktu menerima pesanan pesanan dari
pembelinya.
b.
Flow control digunakan dalam pabrik pabrik yang berproduksi untuk persediaan dan dimaksudkan untuk mempercepat
pengiriman barang jadi dari tempat
persediaan begitu pesanan diterima.
Pengendalian
Produksi antara lain:
a. Planning
b. Routing merupakan suatu usaha untuk
menentukan urutan urutan dari proses dan alat alat yang digunakan dalam proses
produksi.
c. Scheduling
merupakan suatu usaha untuk menentukan kapan produksi akan dimulai dan selesai untuk diserahkan.
d. Dispatching.
merupakan surat perintah yang berisi wewenang untuk melakukan kegiatan
produksi.
BAB II
PEMASARAN
Pengertian
pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan
harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Penciptaan
Faedah Bagi Konsumen
a. faedah waktu dapat diciptakan dengan
menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.
b. Faedah tempat
merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat
strategis apabila konsumen ingin membelinya.
c. Faedah milik diciptakan dengan mempersiapkan
pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
d. Faedah informasi
diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada
konsumen.
Konsep
Pemasaran adalah sebuah faisafah
bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat
ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Pendekatan
Study Pemasaran
a. Pendekatan serba
fungsi (functional approach)
b. Pendekatan serba
lembaga (institutional approach)
c. Pendekatan serba
barang (commodity approach)
d. Pendekatan serba
manajemen (managerial approach)
e. Pendekatan serba
sistem (totak system approach).
Pendekatan
Serba Fungsi
Adapun fungsi pokok
pemasaran:
a. Penjualan
merupakan fungsi yang paling pentingdalam pemasaran karena menjadi tulang
punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju.
b. Pembelian
bertujuan memilih barang barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan
dalam perusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas produk
tertentu.
c. Pengankutan
merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ketempat
barang dikonsumsikan.
d. Penyipanan
merupakan fungsi menyipan barang barang pada saat barang selesai diproduksi
sampai pada saat barang dikonsumsikan.
e. Pembelanjaan adalah
fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan
pemasaran
f. Penanggungan
resiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan
pemasaran barang
g. Standardisasi dan
Grading
h. Pengumpulan
Informasi Pasar
Pendekatan
Serba Barang
a. Penyedia bahan
b. Produsen
c. Perantara pedagang
d. Perusahaan saingan
e. Pembeli akhir.
Pendekatan
Serba Barang merupakan suatu
pendekatan pada pemasaran yang melibatkan study tentang bagaimana barang barang
tertentu berpindah dari titik produksi kekonsumen akhir atau konsumen industri.
Pendekatan
Serba Manajemen ialah mempelajari
pemasaran dengan menitik-beratkan pendapat manajer serta keputusan yang mereka
ambil.
Pendekatan
Serba Sistem, pendekatan serba
sistem atau pendekatan sistem total ini mencskup elemen elemen yang luas dalam
sistem pemasaran , termasuk keempat pendeketan dimuka. Oleh karena itu
pendekatan sistem total tersebut banyak dipakai dalam buku buku tentang
pemasaran.
PASAR
Pengertian
Pasar adala orang orang yang
mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk
membelanjakannya.
Tiga
Unsur Penting Yang Terdapat Dalam Pasar
a. Orang dengan
segala keinginannya
b. Daya beli mereka
c.
Kemauan untuk membelanjakan uangnya.
Macam
Macam Pasar
a. Pasar konsumen
adalah sekelompok pembeli yang membeli barang barang untuk dikonsumsikan,
bukannya dijual atau diproses lebih lanjut.
b. Pasar industri
adalah pasar yang terdiri atas individu individudan lembaga atau organisasi
yang membeli barang barang untuk dipakai lagi, baik secara langsung maupun
tidak langsung, dalam memproduksi barang lain yang kemudian dijual.
Penggolongan
Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
a. Barang tahan lama
adalah babrang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali; jadi dapat
dipakai untuk jangka waktu yang relative lama
b. Barang tidak tahan
lama adalah barang-barang yang secara normal hanya dapat dipakai satu kali atau
beberapa kali saja, artinya sekali barang itu dipakai akan habis, rusak, atau
tidak dapat dipakai lagi.
c. Jasa adalah
kegiatan, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkanuntuk dijual.
Penggolongan
Barang menurut Tujuan Pemakainya oleh sipemakai
1. Barang konsumsi
adalah barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsikan. Misalnya:
a. Barang konvenien
b. Barang shopping
c. Barang special
2. Barang industri
adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau untuk
kepentingan dalam industri. Misalnya:
a. Bahan baku
b .Komponen dan
barang setengah jadi
c. Perlengkapan
koperasi
d. Instalasi
e. Peralatan ekstra.
Tahap
–tahap dalam Siklus kehidupan Barang
a. Tahap perkenelan
b. Tahap pertumbuhan
c. Tahap kedewasaan
dan kejenuhan
d. Tahap kemunduran
SALURAN
PEMASARAN
Pengertian
Saluran Distribusi adalah saluran
yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkanbarang tersebut dari produsen
sampai kekonsumen atau pemakai industri.
Lembaga
Lembaga yang Ikut Mengambil Bagian dalam Penyaluran Barang
a. Produsen
b. Perantara
c. Konsumen akhir
atau pemakai industri
Perantara
Saluran
Jenis Jenis Perantara:
a. Pedagang Besar merupakan
salah satu lembaga saluran yang penting , terutama untuk menyalurkan barang
konsumsi.
b. Pengecer mempunyai
peranan yang tinggi karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir
c. Agen membahas tentang
perantara pedagang baik pedagang besar maupun pengecer. Adapun jenis jenis agen
antara lain : agen penjualan, agenpembelian, agen pengangkutan.
PENENTUAN
HARGA
Arti dan
Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang (ditambah beberapa
barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari
barang beserta pelayananya.
Fakto
Fakto yang Mempengaruhi Tingkat Harga
a. keadaan
perekonomian sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku.
b. Penawaran dan
permintaan
c. Elastisitas permintaan
d. Pesaing
e. Biaya
f. Tujuan perusahaan
g. Pengawasan
pemerintah merupakan factor penting dalam penentuan harga.
Metode
Metode Penetapan Harga
a. Penetapan harga
biaya plus (cost – plus pricing)
b. Penetapan harga
mark-up (mark-up pricing metod)
c Penetapan harga
brek-even (brek-even pricing)
d. Penetapan harga
dalam hubungannya dengan pasar.
Politik
Penetapan Harga
a. Penetapan harga
psikhologis
b. Price lining
c. Potongan harga:
potongan kuantitas, potongan dagang, potongan tunai, potongan musiman
d. Penetapan harga
geografis.
PROMOSI
DAN PERIKLANAN
Promosi merupakan
salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk
mengadakan komunikasi denga pasarnya.
Periklanan adalah komunikasi non individu, dengan sejumlah
biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non laba,
sertaindividu-individu.
Jenis
Periklanan
a. Periklanan barang
b. Periklanan
kelembagaan
Media
Periklanan
a. Surat kabar
b. Majalah
c. Radio
d. Televisi
e. Pos langsung.
Biro periklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri,
yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan, dan
penempatan periklanan bagi langganannya.
BAB III
PEMBELANJAAN
Pengertian
Pembelanjaan adalah suatu usaha
menyangkut bagaimana perusahaan harus mengorganisir untuk mendapatkan dana,
bagaimana menggunakan dana, dan bagaimana laba perusahaan akan disistribusikan.
Manager
Keuangan
a. Sumber dana yang
terbaik
b. Rencana
keuangan/pembelanjaan
c. Penggunaan dana
yang terbaik.
PENGGUNAAN DANA
Penggunaan Dana Jangka Pendek
1. Kas sejumlah dana yang ada dalam perusahaan
diwujudkan dalam bentuk kas, terutama untuk membayar gaji dan rekening-rekening
lainnya.
Aliran
Kas
Memperlihatkan aliran kas dari sebuah
perusahaan pada mulanya kas ituditimbulkan oleh adanya penjualan. Tetapi,
meskipun dari sebagian penjualan itu berupa tunai, kebannyakan adalah berupa
kredit sehingga menciptakan adanya piutang.
Anggaran
Kas
a. Membuat kepastianbahwa kas selalu
tersedia bila mana diperlukan
b. Memanfaatkan kas untuk
memaksimumkan pendapatan bunga.
2. Surat
Surat Berharga
Manager keuangan yang sedang
memelihara keseimbangan antara lekuiditas dan profitabilitas (kemampuan untuk
mendapatkan barang) mempunyai alternative untuk cenderung memegang jumlah kas
yang lebih besar,ia dapat menginvestasikan kas tersebut kedalamsurat-surat
berharga kedalam bunga.
3.
Piutang
Untuk mempertahankan pembeli-pembeli
yang ada dan untuk menarik pembeli baru, banyak perusahaan memberikan atau
mengenakan pembayaran secsrs kredit kepada mereke.
4.Persedian
Bagi perusahaan yang memelihara
sejumlah persediaan barang untuk memenuhi permintaan pembeli secara cepat,
harus mempunyai sejumlah investasi disitu.
Penggunaan
Dana Jangka Panjang
a. Tanah yang dimiliki oleh perusahaan
merupakan aktiva tetap dengan jangka waktu yang tidak terbatas
b. Bangunan yang dimiliki oleh
perusahaan harus ditentukan umurnya
c. Peralatan yang dimiliki oleh
perusahaan berupa mesi, alat angkut dalam pabrik, dan peralatan lain yang
dipakai dalam produksi.
Analisis
Investasi Aktiva Tetap
Setiap investasi dana dana perusahaan kedalam
aktiva tetap memerlukan suatu analisis.
Terdapat tiga metode analisis investasi yaitu:
a. Metode net present value (NPV)
b. Metode internal rate of return IRR)
c. Metode pay off period (POP).
SUMBER
DANA
Macam-macam
Sumber Dana
a. Modal asing (pinjaman)
b. Modal sendiri (saham atau tambahan
investasi oleh pemilik)
c. Laba yang ditanam kembali.
Perbandingan
antara Pembelanjaan dengan Utang dan Pembelanjaan dengan Modal Sendiri
1. Berasal dari dalam perusahaan.
Pembelanjaan dengan sumber dana dari dalam perusahaan ini disebut pembelanjaan
intern, yang meliputi:
a. Penggunaan laba perusahaan
b. Penggunaan cadangan
c. Penggunaan laba yang tidak dibagi/
ditahan.
2. Berasal dari luar perusahaan
meliputi:
a. Dana dari pemilik/ peserta
b. Dana dari utang/ pinjaman yang
dapat berupa utang jangka pendek dan utang jangka panjang.
Pemilihan
Sumber Dana
Beberapa alternatif yang dapat dipilih adlah:
a. Menggunakan dana intern saja
b. Menggunakan dana ekstern degan
menjual saham
c. Menggunakan dana ekstern dengan
mencari pinjaman/kredit (kredit jangka panjang saja, kredit jangka pendek saja,
atau kedua-duanya)
d. Menggunakan dana ekstern dengan
menjual saham dan mencari pinjaman
e. Menggunakan dana intern dan
ekstern.
Sumber
Dana Intern dana intern ini
biasanya sangat terbatas, jika digunakan sendiri kurang menguntungkan, dana
intern ini dapat diinvestasikan pada sector lain seperti pembelian saham atau
obligasi dari perusahaan lain.
Sumber
Dana Ekstern
1. Kredit jangka pendek adalah kredit
yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun. Contohnya: Kredit rekening
koran, kredi belening, kredit wesel, kredit penjual, kredit pembeli, aksep.
2. Kredit jangka panjang adalah kredit
yang jangka waktunya lebih dari satu tahun. Contohnya: Hipotik, obligasi,
kredit bank, kredit dari negara lain.
Optimisasi
Modal
Faktor factor dalam mengambil kredit jangka pendek
atau kredit jangka panjang:
a. Bunga kredit jangka pendek
b. Bunga kredi jangka panjang
c. Bunga simpana bank
d. Jangka waktu pemakaian modal
e. Jangka kritis.
Kriteria
yang dipakai Untuk Menggunakan kredik Jangka Pendek atau Kredit Jangka Panjang
a. Jangka kritis, apabila jangka waktu
penggunaan modal lebih lama dari pada jangka kritisnya, maka lebih untung
menggunakan kredit jangka panjang.
b. Beban bunga, dari segi bunganya
manakah yang lebih rendah, itulah yang dipakai
Kredit
Lembaga Keuangan, kredit yang
diajukan perusahaan akan disetujui
apabila perusahaan tersebut dianggap layak untuk diberi
Syarat
Syarat Study Kelayakan
a. Kapital merupakan salah satu syarat
yang harus dipenuhi oleh perusahaan
b. Capability merupakankemampuan
perusahaan untuk mengangsur atau mengembalikan pinjaman dan membayar bunga
c. Collateral merupakan syarat dimana
setiap kredit yang diterima perusahaan harus dijamin dengan harta tetap
sekurang-kurangnya bernilai 15% dari jumlah kredit
d. Character ialah sebagai sifat dari
pimpinan perusahaan karena diolah yang bertaggung jawab terhadap pengendalian kredit.
Likuiditas
Dan Solvabilitas
1. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi
kewajiban finansialnya setiap saat.
Kewajiban
kewajiban yang harus dapat dipenuhi oleh perusahaan yaitu:
a. Mampu membayar utang-utangnya pada
saat ditagih
b. Mampu membiayai operasi perusahaan
sehari-hari.
Aktiva
Lancar adalah aktiva/kekayaan
perusahaan yang dapat dengan segera dicairkan dalam bentuk uang tunai.
Misalnya: Kas, bank, surat-surat berharga, piutang, persediaan barang.
2.Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua
utang-utangnya pada saat perusahaan dilikuidasi/ dibubarkan.
Rentabilitas
ialah kemampuan menghasilkan laba dari
sejumlah dana yang dipakai untuk menghasilkan laba tersebut.
1. Rentabilitas ekonomi merupakan
kemampuan untuk menghasilkan laba dari keseluruhan modal, baik modal asing
maupun modal sendiri , yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.
2. Rentabilitas modal sendiri
merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari sejumlah modal sendiri yang
digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.
PASAR
SURAT-SURAT BERHARGA DAN PASAR MODAL
Saham merupakan tanda penyertaan didalam perusahaan.
1Saham Biasa
(Common Stock) merupakan bentuk
pemilihan tanpa hak istimewa.
2.Saham
Preferen (Preferred Stock) merupakan bentuk pemilihan dengan hak istimewa.
Hak-hak istimewa yang ada pada pemegang saham preferen ini adalah :
a. Pembagian diveden yang didahulukan
b. Pembagian diveden kumulatif
c. Pembagian kekayaan yang
didahulukan.
Obligasi merupakan surat perjanjian utang yang sengaja
dikeluarkan oleh perusahaan sebagai salah satu sumber dana ekstern.
Sifat-Sifat
Obligasi
a. Dapat diperjual-belikan
b. Terdapat kewajiban untuk
mengembalikan pokok pinjamannya
c. Terdapat kewajiban untuk membayar
bunga
d. Terdapat jangka waktu yang pasti.
Jenis-Jenis
Obligasi
1.Sesuai pihak yang mengeluarkan :
a. Obligasi umum yaitu obligasi yang
dikeluerkan oleh pemerintah
b. Obligasi perusahaan yaitu obligasi
yang dikeluarkan oleh perusahaan umum, perusahaan, jawatan, dan perseroan
terbatas.
2.Sesuai dengan karakter jaminan:
a. Obligasi tanpa jaminan, seperti
income bond, dan debenture bond,
b. Obligasi dengan jaminan, jaminan
yang bisa dipakai di sini antara lain: saham, piutang, rumah, tanah, mesin, dan
sebagainya.
Pasar
modal, sesuai dengan sifatnya
saham dan obligasi dapat diperjual-belikan. Perusahaan-perusahaan yang menjual
saham dan obligasi kepada masyarakat, harus memenuhi beberapa persyaratan yang
di tetapkan oleh pemerintah.
BAB IV
PERSONALIA
PEMANFAATAN
SUMBER TENAGA KERJA
DAN
KOMPEN SASI
Pendahuluan
Organisasi merupakan wahana untuk mencapai tujuan.
Agar supaya pencapaian tujuan ini dapat dilaksanakan dengan baik, diperlukan
fungsi-fungsi.
Macam/Jenis
Personalia
1 Tenaga eksekutif : ialah mengambil berbagai
keputusan dan melaksanakan fungsi organic manajemen : merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan,
mengkoordinir, dan mengawasi.
2. Tenaga
operatif : merupakan tenaga terampil, yang menguasai bidang pekerjaanya,
sehingga setiap tugas yang dibebankan kepadanya dapat dilaksanakan dengan baik.
a. Tenaga
terampil
b.
Tenaga setengah terampil
c. Tenaga
tidak terampil.
Sumber
Tenaga Kerja
- Dari dalam perusahaan
- Teman-teman para karyawan
- Lembaga penempatan tenaga kerja
- Lembaga pendidikan
- Masyarakat umum.
Seleksi
Tenaga Kerja
1. Penentuan jenis
(kualitas) tenaga kerja
a. Batasan minimum-maksimum usia
b. Pendidikan minimal yang dimiliki
c. Pengalaman kerja yang telah diperoleh
d. Bidang keahlian yang dimiliki
e. Keterampilan lain yang dimiliki
f. Pengetahuan-pengetahuan lainnya
g. Dan sebagainya.
2. Penentuan
Jumlah Tenaga Kerja
a. Analisa beban kerja
b. Analisa tenaga kerja
Proses
Seleksi
a. Pengisian formolir atau penyortiran
lamaran-lamaran yang masuk
b. Wacana pendahuluan
c. Psycho-test
d. Wacana lanjutan
e. Pengujian referensi
f. Pengujian kesehatan
g. Masa orientasi.
Pengembangan
Karyawan
a. Tingkat produktivitas bertambah
b. Mengurangi tingkat kecelakaan
c. Mengurangi besarnya scrap
d. Meningkatkan gairah karja.
Metode
Pengembangan Karyawan
a. Dilaksanakan didalam dan oleh perusahaan sendiri
b. Dilaksanakan diluar perusahaan dan oleh lembaga
lain.
Kompensasi
adalah imbalan jasayang diberikan
secara teratur dan dalam jumlah tertentu oleh perusahaan kepada karyawan atas
kontribusi tenaganya yang telah diberikannya untuk mencapai tujuan perusahaan.
Teori
Upah Ekonomi
a. Teori pasar, konsep ini menganggapbahwa upah
ditentukan oleh hasil proses perundingan antara karyawan sebagai penjual tenaga
dengan manajemen sebagai pembelinya.
b. Teori standard hidup, menyatakan bahwa upah harus
dapat memberikan jaminan kepada buruh untuk menikmati hidup dengan layak, dan
pengusaha harus memberikan upah cukup tinggi.
c. Teori kemampuan untuk membayar, teori ini
mempunyai anggapan bahwa tingkat pembayaran harus didasarkan pada kemampuan
perusahaan untuk membayar.
Fakto-Faktor
yang Mempengaruhi Tingkat Upah
a. Pasar tenaga kerja
b. Tingkat upah yang berlaku diderah yang
bersangkutan
c. Situasi laba perusahaan
d. Peraturan pemerintah.
Metode
pengupahan
1. Upah langsung merupakan bentuk pembayaran upah
yang paling sederhana,.
2. Gaji (wage), dasar metode upah ini adalah lama
waktu pengerjakan suatu pekerjaan
3. Upah satuan (Piece work), pada metode ini upah
yang dibayarkan kepada para karyawan menurut jumlah produk yang dihasilkan
4. Komisi
5. Premi shift kerja (shift premium), merupakan upah
yang memberikan kepada para karyawan karena bekerja di luar jam kerja normal,
misalnya sore atau malam hari.
6. Tunjangan tambahan, untuk menarik agar supaya
karyawan bersedia bekerja diluar perusahaan dalam waktu yang lama.
Upah
Isentif adalah untuk mendorong
karyawan agar bekerja dengan lebih produktif.
Karakteristik
pokok dariupah isentif yang baik adalah :
1. Harus menunjukan penghargaan kepada karyawan atas
produktivitas mereka
2. Harus dapat dipakai untuk mencapai tujuan
produktif per karyawan secara layak
3. Tambahan upah yang diperoleh karyawan harus paling
sedikit diseimbangkan dengan biaya produksi terendah.
Macam-macam
Bentuk Upah Isentif
1. Full particicipation plan, merupakan upah
isentif bagi karyawan pabrik dimana kegiatan ekstra pada tugas mereka, dapat
menghasilkan produksi tambahan
2. Group Isentif plan, ini diberikan
kepada sekelompok karyawan, bila mana terbukti mereka dapat menunjukan hasil yang menguntungkan,
seperti :
a. Peningkatan prodiksi
b. Penurunan biaya tenaga kerja per unit
c. Perbaikan kualitas produk
d.
Pengurangan tingkat kerusakan produk yang dihasilkan.
BAB V
HUBUNGAN
PERBURUHAN
Hubungan Perburuhan Pancasila
Hubungan perburuhan ini terjadi karena
antara buruh disatu pihak dan managemen dilain pihak, saling membutuhkan satu
sama lain. Pihak managemen memerlukan sumbangan, tenaga karyawan untuk mencapai
tujuannya, karyawan memerlukan pendapatan untuk dapat memberikan kesejahteraan
kepada keluarganya.
Perjanjian
Kerja Bersama, dengan adanya
perjanjian ini, buruh mempunyai kekuatan untuk turut dapat menentukan isi
(materi) perjanjian tersebut.
Hak-hak
Buruh
- Besarnya gaji/upah minimal yang harus diterima buruh beserta kenaikannya
- Tunjangan-tunjangan yang harus diterima
- Hak untuk mendapat santunan kecelakaan ditempat kerja
- Hak untuk mendapatkan promosi dendan sistem penilaian yang adil
- Hak untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui program training yang di berikan oleh perusahaan
- Mendapatkan pesangon bila ia dipecat atau keluar ats kemauan sendiri
- Besarnya pesangon.
Kewajiban
Buruh
- Datang bekerja tepat waktunya
- Menjaga ketertiban dan suasana kerja serasi
- Berusaha meningkatkan produktivitas
- Mengikuti peraturan yang di tetapkan oleh perusahaan
- Berusaha untuk selalu dapat melakukan penghematan untuk dapat menekan biaya produksi
- Menyumbangkan gagasan-gagasan yang bermanfaat untuk kelancaran jalannya usaha dan penekanan biaya produksi
- Bekerja sesuai yang di gambarkan dalam deskripsi jabatan.
Hak
Pengusaha
- Hak untuk mengevaluasi kerja karyawan menurut tata cara yang telah disepakati
- Hak menentukan seseorang yang dianggap baik untuk menjadi pimpinan
- Hak untuk menegur, bila terdapat karyawan yang dipandang bertindak menyimpang sehingga merugikan perusahaan
- Hak memberi promosi dan devisi kepada karyawan
- Hak untuk memecat, sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Kewajiban
Pengusaha
- Memberikan semua hak karyawan yang telah disepakati bersama; gaji, promosi, santunan, jaminan-jaminan dan sebagainya.
- Memperlakukan semua karyawan secara adil.
- Memberikan fasilitas-fasilitas kepada karyawan, tempat ibada, sekolah, rekreasi, dan sebagainya.
Maca-macam
Perjanjian Kerja
- Closed shop agreement, perjanjian kerja semacam ini hanya berlaku bagi pekerja/buruh, yang telah bergabung menjadi anggota serikat (persatuan).
- Union shop agreement, persatuan ini mengharuskan kepada para pekerja untuk menjadi anggota serikat dalam periode waktu tertentu sesudah mereka bekerja.
- Open shop agreement, persetujuan ini memberikan kebebasan kepada para anggota untuk menjadi atau tidak anggota serikat.
Konflik
dalam Hubungan Kerja, konflik dalam
hubungan kerja ini terjadi apabila kepentingan kedua belah pihak, antara pihak
buruh dan pegusaha, teganggu
Penyelesaian
Konflik
- Diselesaikan oleh mandor sebagai wakil perusahaan, bersama dengan wakil buruh dalam bagian itu.
- Kepala bagian dengan wakil buruh bagian yang bersangkutan
- Manajer sebagai wakil perusahaan dan wakil serikat buruh perusahaan tersebut
- Wakil perusahaan dan wakil buruh dengan penengah, yaitu panitia penyelesaian perselisiha perburuhan tingkat daerah, atau tingkat pusat.
- Penyelesaian tahap akhir dilakukan oleh Dewan Arbitrasi.
Perantara
dalam Pemecahan Konflik
- Konsilasi
- Mediasi
- Arbitrasi
Macam-macam
Arbitrasi
- Arbitrasi suka rela (voluntary arbitration), suatu cara yang macet, dengan secara suka rela kedua belah pihak membawa masalah tersebut kepada arbitrator.
- Arbitrasi paksaan (compulsory arbitration), suatu keharusan yang berlaku, baik bagi pihak buruh maupun pengusaha, untuk menyelesaikan konflik yang macet dengan melalui arbitrator.
- Arbitrasi otomatis (automatic arbitration), dilakukan apabila setiap kali terjadi masalah yang tidak terselesaikan maka langsung dubawa ke arbitrator.
Mencegah
Konflik
- Melaksanakan lembaga keluhan dengan baik
- Mengadakan survey gairah kerja secara rutin
- Meyelenggarakan lembaga bimbingan dan penyuluhan
- Mengikut sertakan buruh dalam pengambilan keputusan.
BAB VI
PENGERTIAN
AKUTANSI DAN
PENGENDALIANNYA
Pengertian akutansi adalah
pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi bisnis, serta
penginterpretasian informasi yang telah disusun.
Penggunaan
Akutansi
- Kegunaan akutansi bagi managemen
- Kegunaan akutansi bagi investor dan kreditur
- Kegunaan akutansi bagi pemetintah.
Jenis-jenis
Akutansi
- Akuntan privat adalah akuntan yang bekerja pada sebuah perusahaan a5tau lembaga lain.
- Akuntan pablik adalah akuntan yang tidak bekerja pada sebuah lembaga, tetapi berdiri sendiri.
PROSES AKUTANSI
Proses
akutansi, dalam akutansi biasanya berupa transaksi keuangan antara
perusahaan dengan karyawannya, dan lembaga-lembaga lain.
Jurnal
akutansi, setiap transaksi
keuangan dicatat secara kronologis dalam sebuah buku yang disebut jurnal.
Kekayaan
dan Modal
- Utang adalah sejumlah dana yang diterima dari kreditur.
- Modal sendiri merupakan modal yang berasal dari peserta , pengambil bagian, atau pemilik, atau pemegang sahamyang memiliki kekayaan perusahaan.
Neraca adalah sebuah laporan yang memperlihatkan keadaan
keuangan sebuah perusahaan pada suatu saat.
Ativa merupakan kekayaan fisik yang dimiliki oleh
perusahaan
- Aktiva lancer
- Aktiva tetap
- Aktiva yang tidak kentara
Pasiva
- Utang lancer adalah kewajiban financial perusahaan yang harus dilunasidalam jangka waktu yang relayif pendek
- Utang jangka panjang adalah kewajiban financial perusahaan yang harus dilunasi dalam waktu lama.
- Modal sendiri adalah sejumlah uang yang ditanamkan dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan perusahaannya.
Laporan
Laba Rugi adalah laporan yang
memberikan informasi tentang penghasilan dan biaya. Penghasilan, perusahaan
dapat diperoleh dari penjualan total kepada pembeli selama periode bersangkutan.
Biaya
- Biaya produksi barang untuk dijual
- Biaya jumlah dan administrasi
Laba
Bersih, ini dapat diperoleh dari
seluruh penghasilandikurangi seluruh biaya.
Laporan
Perubahan Posisi Keuangan
- Cara meningkatkan modal kerja :
- Melakukan kegiatan yang menguntungkan.
- Menjual aktiva tetap
- Mencari pinjaman jangka panjan
- Menjual saham tambahan.
- Cara menurunkan modal kerja
a. Membeli Menyerap rugi operasi
b. aktiva tetap
c. Pembayaran kembali utang jangka panjang
d. Pembelian kembali saham-saham
e. Pembayaran dividen kepada pata pemegang saham.
ANALISIS
DAN INTERPRETASI
LAPORAN
KEUANGAN
Analisis
laporan Kuangan
1.
Metode pertikal, analisis dengan
metode ini menggunakan ratio/ perbandingan antara pos-pos yang terdapat didalam
neraca dan laporan laba rugi. Dua analisis yang paling banyak digunakan didalam
perbandingan antara pos-pos didalam neraca adalah analisis likuiditas dan
solpabilitas.
2.
Analisis Horisontal, analisis ini
bertujuan untuk melihat perubahan-perubahan kekayaan perusahaan, modal kerja
netto dank as perusahaa. Dari analisis perusaahaan ini dapat diketahui asal dan
penggunaan dana perusahaan, disamping perkembangan perusahaan dari periode satu
ke periode yang lain.
Interpretasi
Lapora Keuangan
- Penyusutan aktiva tetap ditentukan lebih besar setiap tahunnya, atau umur aktiva tetap tersebut tetap ditentukan sangat pendek.
- Persediaan dinilai serendah mungkin sehingga dapat menaikkan harga pokok penjualan.
ANGGARAN
PERUSAHAAN
Aggaran
Perusahaan
- Anggaran kas, adalah proyeksi dari sumber dan penggunaan kas perusahaan. Dalam kegiatannya perusahaan tidak akan terlepas dari masalah keuangan.
- Anggaran operasi adalah suatu proyeksi tenyang penghasilan dan biaya perusahaan. Proyeksi penghasilan tersebut merupakan penjabaran lebih lanjut dari perencanaan laba perusahaan untuk satu periode operasi yang akan dating.
PENGERTIAN
AKUTANSI DAN PENGGUNAANNYA
Pengertian
Akutansi
Akutansi adalah pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi bisnis, serta
pengiterpretasian informasi yang telah disusun. Dalam hal imi akutansi
bertanggung jawab atas tugas-tugas tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar